Home » , » Akuntansi Jalanan

Akuntansi Jalanan


akuntansi Secara histori adalah pencatatan tentang aktivitas usaha sudah di temukan sejak lama, sekitar 3600 sebelum Masehi di Babilonia. Kemudian beberapa catatan lain juga ditemukan di Mesir dan Yunani kuno. Samapai dengan abad ini, perkembangan ilmu akuntansi terus terjadi, sekalipun akuntansi merupakan ilmu pasti, namun aplikasinya untuk dunia usaha sangat dinamis. Perngguna ilmu ini adalah semua orang yang ingin mendapatkan informasi atas status keuangannya, mulai ibu rumah tangga untuk mengatur anggaran belanja bulanannya hingga pengusaha papan atas untuk mendapatkan informasi keuangan seputar bisnisnya. Bagaimana penerapan ilmu Akuntansi pada usaha kecil di Indonesia? Perputaran uang memang sampai sejauh ini masih di dominasi oleh perusahaan kaliber raksasa atau multinasional, namun secara kuantitas, jumlah unit usaha skala kecil menengah adalah mayoritas. 

Dan dari sekian banyak usaha kecil menengah yang ada, sebagian besar dikelola oleh mereka yang memiliki tingkat pendidikan maksimal SMU, bahkan sebagian juga tidak memiliki pegalaman kerja. Yang mereka kerjakan semuanya berlandasan intuisi dan semangat, sebagian besar dari mereka kemudian berhasil menjadi pengusaha besar dan reputasinya patut diperhitungkan, namun tidak sedikit pula yang akhirnya gagal. Pakar marketing Rheinald Kasali menyampaikan, jika sebuah intuisi dapat dikombinasikan dengan pengetahuan teoritis seperti yang didapatkan di bangku kuliah, maka hal tersebut akan menjadi sebuah kekuatan wirausaha yang efektif. 

Ada sebuah gurauan yang saya baca dari artikel Ekuslie Goestiandi yang dimuat di tabloid Kontan. Isinya mengenai prediksi masa depan para mahasiswa perguruan tinggi berdasarkan masa studi dan indeks prestasi. Jika seorang mahasiswa lulus cepat dengan indeks prestasi tinggi, kelak mahasiswa tersebut akan menjadi profesor atau peneliti lembaga riset. Namun seandainya mahasiswa tersebut lulus dengan masa studi dan indeks prestasi pas-pasan, maka paling banter akan menjadi manajer-profesional kantoran. Lantas bagaimana dengan yang tidak lulus, drop out, bahkan tidak pernah menyentuh bangku kuliah? Maka kelak orang itu akan menjadi Bill “microsoft” Gates, Michael “computer” Dell, Jeff “Amazon.com” Bezos atau Larry “Oracle” Allison. Ya, mereka adalah orang-orang yang lulus di tengah jalan alias drop out namun menjadi pembisnis besar dan orang-orang terkaya di dunia. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah halis akademik tidak berbanding lurus dengan prestasi bisnis. Hal ini bisa terjadi karna orang yang cerdas secara akademis cenderung suka berpikir dan lamban bertindak, yang menjadikan langkah karier mereka pun pelan.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

Pelatihan Pajak