Home » , » Akuntansi sebagai strategi bisnis

Akuntansi sebagai strategi bisnis


Note: Jika ada berminat untuk mengikuti training pajak indonesia, HRD dan lainnya silahkankan kunjungi website PT Sinergi Solusi Bisnis.

Akuntansi sebagai strategi bisnis - Lalu seberapa pentingnyakah penerapan ilmu akuntasi, dan mengapa ilmu ini sebenarnya lebih layak disebut sebagai sebuah strategi bisnis? Cerita 3 orang bersaudara kenalan saya ini merupakan kisah sederhana yang mungkin bisan menjadi sebuah gambaran. Berawal dari sebuah usaha rumah makan warisan orangtua mereka yang namanya cukup dikenal, kemudian dikelola bersama dengan pembagian laba secara langsung setiap bulan. Entah dengan pertimbangan apa, laba yang dibagi adalah jumlah seluruh uang yang ada. Mereka berpikir bahwa seluruh uang yang ada berarti seluruh keuntungan. Mereka tidak mengenal sistem laba ditahan atau alokasi dan untuk cadangan kas. 

Di satu sisi, tempat usaha rumah makan mereka adalah menyewa sebuah tempat. Saat masa sewa berakhir, ketiga bersaudara ini harus melakukan inject modal lagi. Bukankah akan lebih praktis jika usaha memiliki cadangan kas yang sewaktu-waktu bisa dicairkan untuk berbagai keperluan di masa mendatang? Di sinilah peran ilmu akuntansi bisa menjadi sebuah informasi dan strategi untuk merumuskan sebuah solusi serta berbagai pertimbangan lain. Ada cukup banyak definisi teori akuntansi, namun secara umum memiliki garis besar yang sama, yakni sebagai informasi atas suatu keuangan usaha. Namun sebetulnya, yang harus dimaknai dari ilmu akuntansi adalah dengan menjadikan teori ilmu pembukuan ini sebagai sebuah strategi bisnis, yang sama pentingnya dengan strategi pemasaran dan promosi, bahkan mungkin bisa menjadi satu elemen yang lebih vital. Pemakai Informasi Akuntansi Laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi dimanfaatkan oleh pemakai luar yang terdiri dari pemegang saham, kreditur, analis keuangan,organisasi karyawan dan berbagai instansi pemerintah. 

Para pemakai luar ini memerlukan laporan keuangan perusahaan sebagai dasar pembuatan keputusan tentang hubungan mereka dengan perusahaan yang bersangkutan. Informasi keuangan yang dibutuhkan oleh pihak luar diolah dan disajikan oleh tipe akuntansi keuangan. Manajemen berbagai jenjang organisasi suatu perusahaan memerlukan informasi keuangan untuk mengambil keputusan mengenai perusahaan itu sendiri atau bagiannya. Informasi keuangan yang dibutuhkan oleh para manajer tersebut diolah dan disajikan oleh tipe akuntansi manajemen. Oleh karena karakteristik keputusan yang dibuat oleh pihak luar berbeda dengan karakteristik keputusan yang dibuat oleh para manajer, maka hal ini mempunyai dampak terhadap karakteristik system pengelolaan informasi akuntansi yang menghasilkan informasi keuangan. Perbedaan akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen sebagai suatu system pengolahan informasi keuangan terletak pada:
  • Dasar pencatatan 
  • Focus informasi 
  • Lingkup informasi 
  • Sifat laporan yang dihasilkan 
  • Keterlibatan dalam perilaku manusia 
  • Disiplin sumber yang melandasi

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

Pelatihan Pajak