Home » » Cara Mendapatkan NPWP dan Fungsi NPWP

Cara Mendapatkan NPWP dan Fungsi NPWP

NPWP dapat diperoleh dengan datang ke Kantor Pelayanan Pajak di mana domisili Wajib Pajak berada. Paling lama satu bulan sejak kegiatan usaha suatu badan atau individu dilakukan maka NPWP harus dimintakan. Bila tidak dapat datang sendiri maka dapat diberikan Surat Kuasa khusus guna memperoleh NPWP ini. NPWP ini berfungsi untuk melaporkan pajak penghasilan

Cara Mendapatkan NPWP dan Fungsi NPWP

Di Kantor Pelayanan Pajak akan disediakan formulir yang wajib diisi dan ditandatangani termasuk bila menggunakan surat kuasa khusus. Selanjutnya, akan diterbitkan Surat Keterangan Terdaftar pada hari berikutnya bila permohonan dianggap lengkap termasuk identitas yang jelas dari pendaftar. Pada tiga hari kerja berikutnya, NPWP dapat diperoleh oleh wajib pajak. 

Tidak ada pungutan ataupun biaya yang harus dikeluarkan dalam memperoleh NPWP ini. Pada beberapa kasus, aparat pajak memerlukan kunjungan untuk memastikan lokasi dan kegiatan yang sebenarnya dari pemohon NPWP. Peraturan yang berlaku secara tegas mengatakan bahwa permohonan untuk mendapatkan NPWP adalah bebas biaya. 

Dengan demikian, jangan membiasakan diri untuk memberikan sesuatu dengan dialih agar lebih lancar. Khusus untuk wajib pajak yang kegiatannya memenuhi syarat untuk pengenaan Pajak Pertambahan Nilai, permohonan NPWP ini juga dapat disertai dengan permohonan untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang merupakan identitas tambahan khusus untuk administrasi Pajak Pertambahan Nilai. 

Bila tidak ada kemungkinan usaha atau kegiatan dimintakan NPWP saja. Rincian mengenai siapa saja yang mememuhi syarat untuk menjadi Pengusaha Kena Pajak akan dibahas berikutnya pada bagian Pajak Pertambahan Nilai. 

Bagaimana bila ternyata wajib pajak yang nyata-nyata sudah memenuhi syarat sebagai wajib pajak, namun tidak mau secara sukarela meminta NPWP? Untuk itu, tersedia mekanisme pemberian NPWP secara jabatan. Artinya, aparat pajak akan memberikan NPWP bagi secara “paksa”. Dengan demikian, kewajiban perpajakan akan dimulai segera sesudah NPWP diberikan padanya. 

Di samping sarana paksa tadi, tersedia pula sanksi pidana berupa penjara paling lama enam tahun dan denda setinggi-tingginya empat kali pajak yang terhutang atau tidak dibayar bagi siapa saja yang secara sengaja tidak mendaftarkan diri, menyalahgunakan atau menggunakan tanpa hak Nomor Pokok Wajib Pajak atau Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dan Pasal 39 KUP yaitu mengenai NPWP dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

Pelatihan Pajak