Home » » pajak langsung dari segi administratif

pajak langsung dari segi administratif

jenis pajak di kita di bedakan menjadi pajak langsung dan tidak langsung namun kali ini kami akan membahas dari sisi administratif nya. naah kira-kira sperti apa yaa pajak kalau di lihat dari segi administratif nya? baiklah kita simak yaa..

pajak langsung dari sisi administratif


Dari segi administrative, pajak langsung adalah pajak yang tidak dikenakan berdasarkan atas surat ketetapan pajak dan pemungutannya tidak dilakukan secara berkala. Pengenaan pajak tidak langsung biasanya dikaitkan dengan tindakan perbuatan atau kejadian. Misalnya : jual beli barang.Dalam kaitanya dengan pajak tidak langsung terdapat adanya dua macam pergeseran beban pajak, yaitu:
  • Pergeseran ke muka (Forward Shifting)
Pergeseran ke muka adalah pergeseran beban pajak searah dengan arus barang, yaitu dari produsen kepada konsumen. Pergeseran ini sifatnya menaikkan harga barangkarena pembeli harus membayar harga barang ditambah dengan pajak.

Misalnya : Penjualan Barang Kena Pajak dari pabrikan kepada pembeli, maka pembeli harus membayar harga barang ditambah dengan Pajak Pertambahan NIlai (PPN
  • Pergeseran ke belakang (Backward Shifting)
Pergeseran ke belakang adalah pergeseran beban pajak yang bertentangan dengan arus barang, yaitu pembeli menggeser beban pajak kepada penjual. Pergeseran beban pajak jenis inisifatnya menurunkan harga atau menurunkan jumlah penerimaan uang yang dibayarkan kepada penjual (produsen). Jadi jumlah uang yang akan diterimakan atau akan diterima penjual (produsen) dikurangi dengan Pajak Pertambahan Nilai. 

Misalnya : Penjualan tembakau dari petani kepada pabrik rokok

jadi dalam kesimpulannya Pajak langsung adalah pajak yang dikenakan kepada wajib pajak setelah muncul atau terbit Surat Pemberitahuan / SPT Pajak yang dikenakan secara berulang-ulang kali dalam jangka waktu tertentu. Contoh simple nya dari pajak langsung adalah pajak penghasilan (PPh), pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak penerangan jalan, pajak kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

Pelatihan Pajak