Home » » PERENCANAAN PAJAK (TAX PLANNING)

PERENCANAAN PAJAK (TAX PLANNING)

Perencanaan pajak merupakan bagian dari manajemen perpajakan suatu Lembaga Nirlaba yang seringkali dipersepsikan sebagai tindakan yang dapat mengurangi jumlah pajak yang harus di bayar oleh suatu Lembaga Nirlaba. Persepsi ini seringkali membuat banyak orang menaruh harapan sangat besar pada prosuk dari perencanaan pajak ini. Ketika tidak terealisasikan, dalam arti besarnya pajak yang harus dibayar tetap sama, maka kerap dikatakan bahwa perencanaan pajak tidak berhasil atau tidak berjalan.

Perencanaan pajak tax amnesty


Perencanaan pajak atau tax planning sebenarnya adalah suatu proses untuk mengidentifikasi, memahami beberapa pilihan yang tersedia dalam aturan perpajakan. proses ini berguna untuk menentukan apakah suatu transaksi yang akan dilakukan akan terhutang pajak bila ya, kapan pajak harus dibayar dan yang lebih penting lagi adalah berapa jumlah yang terhutang. Kesemuanya ini dari serangkaian pilihan yang tersedia dalam aturan perpajakan. Pemilihan dari opsi yang tersedia tentu akan berdasarkan prinsip bahwa wajib pajak ingin membayar jumlah pajak yang terendah baik jangka pendek maupun jangka panjang. 

Dan yang terpenting, pembayaran tetap dalam koridor peraturan yang berlaku atau tidak melanggar aturan. Produk akhir dari perencanaan pajak adalah serangkaian tata cara pelaksanaan transaksi atau keputusan-keputusan bisnis yang mengikuti skenario seperti disebutkan dalam perencanaan pajak. Dengan demikian, dari devinisi di atas terlihat beberapa poin tentang perencanaan pajak sebagai berikut:
  1. Tax planning hanya di mungkinkan bila tersedia lebih dari satu porsi
  2. Tax planning harus dalam koridor peraturan dalam arti tidak melanggar aturan yang ada.
  3. Tax planning akan meminimalkan beban pajak dalam jangka pendek (periode ini) dan jangka panjang (periode yang akan datang).
  4. Produk akhir dari perencanaan pajak diimplementasikan ke dalam organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

Pelatihan Pajak