Home » » Prinsip Perpajakan Di Indonesia

Prinsip Perpajakan Di Indonesia

PRINSIP PERPAJAKAN DI INDONESIA 


Tahun 1983 dikatakan sebagai tahun reformasi perpajakan Indonesia. Dengan dikeluarkannya Undang-Undang Pajak baru pada tahun ini, prinsip perpajakan Indonesia berubah total. Bila sebelumnya pajak merupakan suatu kewajiban yang otoritas pelaksanaan pemungutan, perhitungan dan penetapannya ada pada aparat pemerintah maka dengan Undang-Undang baru ini tidak lagi demikian. 

Prinsip Perpajakan di indonesia
Dalam bahasa pajaknya, perubahan dilakukan dari official assessment ke self-assessment. Artinya, jika dahulu aparat pajak yang menentukan besarnya pajak yang terhutang dan mengadministrasi pembayaran, penagihan, dan sebagaimana dengan peran wajib pajak yang sangat minimal, yaitu sebagai pembayar saja; maka undang-undang baru menaruh kepercayaan yang lebih besar kepada wajib pajak. 

Peranan wajib pajak besarnya kepercayaan yang diberikan. Prinsip self assessment ini masih berlaku sampai saat ini,setelah paket undang-undang Pajak tahun 1983 diperbaharui tahun 1985 dan kemudian pembaharuan terakhir ditahun 2000. Prinsip self assessment masih dipegang sebagai prinsip perpajakan di Indonesia. 

Oleh karena itu, setiap warga negara, baik sebagai individu maupun badan usaha, bila memenuhi syarat sebagai subjek pajak harus segera melapor untuk dikukuhkan sebagai wajib pajak. Setelah itu ia harus melaporkan kewajiban sebagai wajib pajak. Setelah itu,ia harus melaporkan kewajiban perpajakannya secara periodik juga dengan suka rela. 

Beberapa pajak yang terhutang menurutnya akan dituliskan dalam formulir pelaporan tadi dan juga termasuk penyetoran ke Kas Negara. Bila dirasa perlu, aparat akan melaksanakan pemeriksaan yang intinya berusaha mencari tahu apakah jumlah tadi sudah benar atau tidak. Bila ternyata dari hasil pemeriksaan masih kurang bayar maka diterbitkan penetapan untuk membayar kekurangannya berdasarkan hasil pemeriksaan tadi. 

Begitu juga sebaliknya, bila ternyata terjadi kelebihan pembayaran maka dapat diterbitkan surat untuk mengembalikan kelebihan tadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

Pelatihan Pajak