Home » , , » Inilah Beberapa Kegunaan NPWP Bagi Orang Pribadi dan Perusahaan

Inilah Beberapa Kegunaan NPWP Bagi Orang Pribadi dan Perusahaan

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak untuk mempermudah administrasi perpajakan. Sama hal nya dengan KTP, NPWP berfungsi sebagai identitas seseorang. Bedanya adalah jika KTP merupakan identitas kependudukan, sementara NPWP adalah identitas perpajakan. 

Selain berfungsi sebagai kartu identetias perpajakan, NPWP juga memiliki kegunaan yang lain. Inilah beberapa kegunaan dari NPWP itu sendiri: 

Kegunaan NPWP Bagi Orang Pribadi 

NPWP Pribadi dibagi menjadi tiga jenis yaitu NPWP Karyawan, NPWP Pekerjaan Bebas dan NPWP Usahawan. 

NPWP karyawan adalah Anda yang bekerja di sebuah instansi dan Anda mendapat gaji yang diterima setiap bulan secara konsisten. NPWP pekerjaan bebas adalah Anda yang bekerja atas keahlian tertentu seperti dokter, arsitek, notaris dll. Sementara NPWP Usahawan adalah Anda yang memiliki usaha tertentu seperti menjual barang ataupun jasa.
baca: training pajak penghasilan

Kegunaan NPWP Bagi Pribadi atau Perorangan adalah sebagai sarana untuk memenuhi kewajiban perpajakan Anda. Selain itu, Anda biasanya diminta untuk melampirkan NPWP pribadi Anda jika dalam beberapa urusan administratif lainnya seperti pembuatan pasport, ijin usaha dan kredit bank. 

Kegunaan NPWP Bagi Karyawan 

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, perusahaan tempat Anda bekerja membutuhkan NPWP Anda untuk melakukan pemotongan pajak atas gaji Anda. Maka dari itu Kegunaan NPWP Bagi Karyawan adalah untuk administrasi perusahaan tempat Anda bekerja. 

Kegunaan NPWP Bagi Pengusaha 

NPWP Bagi Pengusaha memiliki banyak kegunaan. Kebanyakan NPWP digunakan untuk kelengkapan kredit bank. Kegunaan NPWP Bagi Pengusaha yang lain adalah dalam hal perpajakan. Sebagai seorang pengusaha, adakalanya Anda mengajukan pengembalian pajak (restitusi) atas pajak yang Anda bayarkan. Kelebihan pembayaran pajak biasa terjadi bagi Anda yang memiliki transaski jual beli terkait PPN. 

Kegunaan NPWP Bagi Perusahaan 

Perusahaan merupakan bentuk badan hukum dari pengusaha. Kegunaan NPWP Bagi Perusahaan sama dengan Kegunaan NPWP Bagi Pengusaha. Jika Pengusaha merupakan atas orang pribadi, sementara untuk Perusahaan merupakan badan hukum. 

Keduanya hampir sama dalam hal membayarkan kewajiban pajaknya, maka kegunaan NPWP Perusahaan pun sama seperti Pengusaha.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

Pelatihan Pajak