Home » , » Jasa Tenaga Kerja sebagai Jasa Tertentu Yang Tidak Dikenai PPN

Jasa Tenaga Kerja sebagai Jasa Tertentu Yang Tidak Dikenai PPN

Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 83/PMK.03/2012 tentang kriteria atau rincian jasa tenaga kerja yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Dalam PMK tersebut diatur tentang kriteria yang harus dipenuhi oleh tenaga kerja, jasa penyedia tenaga kerja, serta jasa penyelenggaraan pelatihan bagi tenaga kerja yang tidak dikenai PPN. Jasa yang diserahkan akan terutang PPN apabila tidak dapat memenuhi kriteria tersebut. 

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh masing-masing tenaga kerja yang tidak dikenai PPN tersebut, diantaranya: 

Jasa tenaga kerja yang tidak dikenai PPN adalah jasa yang diserahkan oleh tenaga kerja kepada pengguna jasa tenaga kerja dengan kriteria: 
  • Tenaga kerja tersebut menerima imbalan dalam bentuk gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan sejenisnya.
  • Bertanggung jawab langsung kepada pengguna jasa tenaga kerja atas jasa tenaga kerja yang diserahkannya.
  • Pengusaha penyedia jasa tenaga kerja tersebut semata-mata hanya menyerahkan jasa penyediaan tenaga kerja, yang tidak terkait dengan pemberian Jasa Kena Pajak (PKP) lainnya, seperti jasa teknik, jasa manajemen, jasa konsultansi, jasa pengurusan perusahaan, jasa bongkar muat, dan/atau jasa lainnya.
  • Pengusaha penyedia tenaga kerja tidak melakukan pembayaran gaji, upah, honorarium, tunjangan atau sejenisnya kepada tenaga kerja yang disediakan.
  • Pengusaha penyedia tenaga kerja tidak bertanggung jawab atas hasil kerja tenaga kerja yang disediakan setelah diserahkan kepada pengguna jasa tenaga kerja.
  • Tenaga kerja yang disediakan masuk dalam struktur kepegawaian pengguna jasa tenaga kerja. 
Jasa penyediaan tenaga kerja sepanjang pengusaha penyedia tenaga kerja tidak bertanggung jawab atas hasil kerja dari tenaga kerja tersebut adalah jasa untuk menyediakan tenaga kerja oleh pengusaha penyedia tenaga kerja kepada pengguna jasa tenaga kerja. Jasa penyediaan tenaga kerja meliputi kegiatan perekrutan, pendidikan, pelatihan, pemagangan, dan/atau penempatan tenaga kerja yang kegiatannya dilakukan dalam satu kesatuan dengan penyerahan jasa penyediaan tenaga kerja.

Jasa penyelenggaraan pelatihan bagi tenaga kerja adalah jasa penyelenggaraan pelatihan tenaga kerja yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan kerja yang telah memperoleh izin atau terdaftar di instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan. Termasuk dalam pengertian jasa penyelenggaraan pelatihan bagi tenaga kerja adalah kegiatan pemagangan yang dilakukan dalam satu kesatuan dengan penyerahan jasa penyelenggaraan pelatihan bagi tenaga kerja. contohnya pelatihan pajak

Sumber: Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

Pelatihan Pajak